16 satwa sitaan BKSDA ditampung di Gowa Discovery Park

Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Sulsel menitipkan 16 ekor satwa yang dilindungi di Gowa Discovery Park untuk ditampung sementara, Selasa 12 Desember 2917.
Kepala Bidang Teknis BKSDA Sulsel, Supriyanto menyebutkan jenis satwa yaitu 7 ekor Kasturi kepala hitam, 2 ekor Kakatua besar jambul kuning, 1 kakatua orange, 1 ekor irian tanah dan 5 ekor nuri ornet, 1 ekor irian tanah.

“Kalau dilihat dari lokasi, alasan penitipan di sini karena kita belum memiliki lokasi pentipan. Kalau dilihat sesuai standar di lokasi ini perawatannya sangat cocok dengan kondisi alamnya. Nah kebetulan loaksi ini memiliki standar pemliharaan satwa yang bisa dipertanggung jawabkan,” kata Supriyanto.

Sementara Kepala Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sulsel Muh Nur mengatakan, 16 satwa itu adalah hasil operasi yang dilakukan oleh BKSDA Sulsel.

“Operasi dilakukan berdasarkan informasi dari sosial media. Dari situ kemudian teman-teman BKSDA melakukan kegiatan operasi. Nah setelah diindetifikasi satwa ini masuk dalam kategori dilindungi,” jelas Muh Nur.

Saat ini pihaknya, masih melakuan penyidikan terkait penangkapan satwa itu. Dikatakan setelah proses hukum selesai, dan satwa itu kembali pulih akan dikembalikan ke habitat aslinya.

“Jadi nanti kita lihat. Karna kan ada beberapa spieses ini. Spieses yang sesuia habitatnya itu nanti kita akan kembalikan dilepas liarkan,” katanya.

Posting 16 satwa sitaan BKSDA ditampung di Gowa Discovery Park Makassar Terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *