40 Rumah di Pattalassang Terendam Banjir

Hujan deras selama beberapa hari ini membuat sejumlah wilayah di Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang, diantaranya yakni Dusun Sailong tergenang. Air mulai bergerak naik hingga sebatas betis dan paha orang dewasa pada Kamis (8/2) pukul 12.00 Wita. Hingga Jumat (9/2) ini, kondisi air mulai turun namun lambat.

Camat Pattallassang, Andy Azis Peter didampingi kepala desa, Babinsa, para kepala dusun Sunggumanai, ketua-ketua RT dan Linmas setempat langsung meninjau kondisi genangan.

Dari pendataan yang dilakukan aparat pemerintah setempat menyebutkan sekira 40 init rumah warga di Sailong tergenang, sawah seluas 50 hektar dan tanaman padi yang sudah tumbuh seluas 5 hektar. Akibat dari genangan ini, puluhan ribu benih padi yabg siap tanam terendam.

“Setiap tahun di musim hujan, kawasan di batas Gowa-Makassar ini memang sudah langganan luapan air. Tidak ada pembuangan. Kalau harus dicarikan solusi maka Pemkot Makassar harus diajak bersama,” kata Andy Azis.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat meninjau banjir di kawasan Somba Opu beberapa waktu lalu mengatakan, khusus daerah Sunggumanai yang berbataskan Makassar memang harus dilibatkan pihak Pemkot Makassar sebab wilayahnya bersebelahan.

Dikatakan Adnan, Pemkab Gowa sudah lakukan perbaikan di sekitar wilayah Sailong (yang masuk wilayah Gowa) untuk mengantisipasi air bah namun dari Pemkot Makassar belum ada upaya melakukan perbaikan dengan membuka jalur-jalur air yang tersumbat. Otomatis air yang ada tertahan tidak mengalir.

Sumber: Berita Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *