57.948 Warga Gowa Belum Rekam e-KTP

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa, Ambo

Hingga Februari 2018, warga di Kabupaten Gowa yang belum melakukan perekaman e-KTP sebanyak 57.948 jiwa.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa, Ambo, mengatakan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 473.432 jiwa.

“Yang wajib KTP itu 531.290 jiwa, sedangkan yang sudah merekam 473.432 jiwa. Jadi masih ada 57.948 atau masih 10 persen lebih lagi yang belum merekam,” ujarnya saat kegiatan Sosialisasi Pendaftaran Penduduk tahun 2018 yang dirangkaikan pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISAK) yang digelar di Aerotel Smile Makassar, Jumat (2/3/2018) sore.

Kegiatan ini untuk menyelesaikan perekaman sebelum 2019 mendatang.

Olehnya dalam sosialisasi yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa, dihadirkan juga seluruh camat dan lurah maupun kades.

“Tahun ini memang masih bisa memilih dengan suket atau surat keterangan, tapi 2019 sudah tidak bisa lagi. Makanya harus KTP-el,” ujarnya lagi.

Olehnya itu para camat, lurah dan kades diharap bisa memberikan pemahaman kepada masyarakatnya agar segera merekam KTP-el.

“Kantor kami (Disdukcapil terbuka setiap hari kerja bahkan dibuka khusus Sabtu dan Minggu termasuk kita buka juga layanan di kantor kecamatan,” kata Ambo.

Khusus program nasional GISAK, kata Ambo akan dibentuk atau diusul sebagai percontohan desa/kelurahan sadar administrasi kependudukan.

” Kami punya motto. Mudah dan Gratis dan Harus Bisa dengan Wujud Pelayanan yang Membahagiakan Rakyat. Insha Allah kita akan bagi segera KTP-el bagi mereka yang sudah merekam baik di sekolah-sekolah maupun di kecamatan,” tambahnya.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni didampingi Kadis Dukcapil Gowa, Ambo dan Ardiles Saggaf selaku Kabid Fasilitasi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulsel.

“Dinas kependudukan bersama para camat, lurah dan kepala desa harus menggenjot capaian dengan mengajak seluruh warga yang belum merekam untuk segera merekam KTP-el. Kita berharap perekaman tuntas 100 persen sebelum 2019,” ujarnya.

Sumber: Tribun Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *