604 Pebulutangkis Ramaikan PBSI Gowa Open Turnamen 2017

Pembukaan PBSI Gowa Open Turnamen 2017 di GOR Sungguminasa berlangsung meriah.
Sebanyak 604 atlit bulutangkis ikut meramaikan PBSI Gowa Open Turnamen 2017 yang digelar Pengcab PBSI Gowa di gedung olahraga (GOR) Sungguminasa selama enam hari ke depan.

Event bergengsi yang digelar dipenghujung 2017 ini dibuka resmi, Sabtu (9/12/2017) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Muchlis yang juga Ketua Harian Pengcab PBDI Gowa.

Pembukaan Badminton Open Turnamen yang masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Gowa ke-697, diikuti bukan hanya pebulutangkis asal Gowa dan sejumlah kabupaten/kota lainnya di Sulsel, tapi juga dari luar pulau Sulawesi.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh PBSI Gowa ini mendatangkan peserta dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Jakarta, Kalimantan, Kendari, Sulbar, dan tentunya peserta terbanyak berasal dari Sulsel ini,” kata Ketua Panitia, Muh Taslim.

Taslim yang juga Bendahara Umum PBSI Gowa ini mengatakan, Badminton Open Turnamen ini merupakan pertama kali yang dilaksanakan di Gowa dengan jumlah atlet peserta 604.

“Kegiatan ini kan yang pertama kali di Gowa, bagaimana kegiatan ini bisa kita upayakan menjadi kegiatan nasional, dan agenda kita ini bagaimana caranya agar bisa memberi nuansa ke PBSI dan salah satu caranya itu dengan turnamen ini,” tambahnya.

Turnamen yang mengusung tema ‘Dengan Semangat dan Cinta Bulutangkis Kita Dukung Pembinaan Atlet Daerah Menuju Kesinambungan Prestasi Nasional dan Internasional’ ini seperti dikatakan Wakil Ketua Panitia, Indrawan, dari 604 peserta berkisar 416 atlit yang berasal dari Sulsel.

“Dengan membludaknya peserta open turnamen ini maka PBSI Gowa akan mengagendakannya sebavai turnamen tahunan,” jelasnya usai pembukaan.

Turut hadir dalam pembukaan, Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Al Amin Sarmono, Sekum PBSI Sulsel, Atman Amir, Ketua Umum Pengcab PBSI Gowa, Mallingkai Maknun, jajaran pengurus PBSI Sulsel dan Gowa.

Dijelaskan Muh Taslim, dari 604 peserta, tanding digelar dalam beberapa kategori, yakni Kategori B untuk Taruna, Kategori C untuk Pemula atau Kategori usia dini diikuti oleh 24 Kabupaten Kota di Sulsel.

Khusus wilayah Gowa tambah dia, sebanyak 15 peserta pemula, remaja 12 peserta, sedangkan taruna sebanyak 10 pasang.

“Ini adalah bentuk sumbangan kita bagaimana Gowa bisa berbuat untuk nasional dan buat prestasi lebih baik lagi,” kata Taslim.

Terpisah, Wakil Ketua Panitia, Indrawan menambahkan, diharapkan turnamen ini mampu mencetak lagi para atlet muda di cabang Bulutangkis. Dan prestasi atlet Gowa sudah bisa kita perlihatkan dengan tampilnya Surya Athala, salah satu atlet bulutangkis Gowa yang juara satu di kejurnas yang berlangsung di Bangka Belitung, pekan lalu. Ini prestasi hebat dan sangat membanggakan Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Ketum PBSI Sulsel diwakili Sekum PBSI Sulsel,  Atman Amir, berharap agar ke depannya Gowa lebih berjaya lagi dan lebih banyak mencetak pebulutangkis berprestasi nasional hingga dunia.

“GOR Sungguminasa sebagai tempat berlatihnya para atlet dapat menjadi gedung yang berstandar nasional sehingga bisa digunakan olh event-event nasional dan saya harap event nasional itu selalu di Gowa. Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarbya terhadap penyelenggaraan even ini,” kata Atman.

Disela pembukaan, Sekda Gowa, Muchlis, mengatakan Gowa harus menjadi gudang atlet bulutangkis.

“Kita berharap even ini bisa membawa nama Gowa lebih jaya dan harum khususnya mempersiapkan atlet-atlet yang berkualitas untuk turun ke ajang-ajang. Saya atasnama pemerintah memberikan apresiasi tinggi kepada panitia yang betul-betul memberikan persiapan matang untuk turnamen ini,” terang Muchlis. 

Sumber: Berita Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *