Banggar Akhirnya Rapat Juga. Hanya Satu Legislator Tak Hadir

Pembahasan KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara) Kabupaten Gowa akhirnya dilakukan juga pasca tiga kali gagal. Pembahasan digelar pukul 10.00 Wita, Senin (11/12) dipimpin Ketua DPRD Gowa, Ansar Zaenal Bate didampingi tiga wakil ketua dan dihadiri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan bagian penganggaran Pemkab Gowa.
Awalnya terdengar kabar jika sejumlah anggota banggar yang beberapa kali memboikot rapat pembahasan akan tidak hadir lagi. Namun setelah diricek dan melalui absensi daftar kehadiran anggota Banggar DPRD Gowa ternyata yang tidak hadir hanya satu orang yakni Hariady, legislator Partai Nasdem.

Sebelumnya, pembahasan anggaran sementara ini gagal hingga tiga kali penundaan rapat oleh pimpinan. Krusialnya masalah yang mendera Banggar DPRD sempat menimbulkan polemik berkepanjangan. Bahkan sempat terjadi ketegangan antara anggota Banggar dengan Pemerintah Kabupaten Gowa terkait alasan dibalik pemboikotan pembahasan.

Pemkab melalui Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, tak tanggung-tanggung mengindikasikan adanya persoalan anggaran dibalik pemboikotan tersebut, yakni permintaan penambahan anggaran perjalanan anggota dewan sebesar Rp 19 miliar. Ungkapan itu kemudian membuat ketegangan sejumlah anggota Banggar dan terkesan memprotes pernyataan Bupati Gowa. Adnan bahkan menyatakan siap mengeluarkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) jika dewan tak ingin membahas KUA-PPAS.

Terjadwalnya kembali pembahasan KUA-PPAS ini, dibenarkan Bupati Gowa, saat dikonfirmasi Senin pagi. Menurutnya, kedua belah pihak mencoba menekan ego masing-masing untuk kepentingan Gowa secara umum.

“Baik dewan dalam hal ini Banggar maupun eksekutif sepakat untuk menekan ego masing-masing, demi kepentingan masyarakat Gowa. Di APBD 2018 ini, banyak program yang telah kita rancang, jika itu tidak dilakukan yang rugi tentu masyarakat Gowa secara umum,” ujarnya. (sar)

The post Banggar Akhirnya Rapat Juga. Hanya Satu Legislator Tak Hadir appeared first on Berita Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *