ADD Gowa Akan Naik Rp 2 Miliar Per Desa

Kabar gembira bagi para kepala desa se Indonesia. Jika direalisasikan, alokasi dana desa (ADD) akan bertambah di 2019 mendatang hingga 100 persen.

Dan secara otimatis ADD untuk Kabupaten Gowa juga akan ikut bertambah. Dengan demikian, para kades yang mulanya mengelola ADD kisaran Rp 1 M akan naik menjadi Rp 2 M.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, mengatakan rencana itu merupakan keinginan pemerintah pusat.

“Sekarang kades di Gowa kelola Rp 1 M per desa, kalau memang pemerintah pusat merealisasikan kenaikan itu otomatis kades kita bisa mengelola sampai Rp 2 M,” ujarnya Workshop dan Evaluasi Siskeudes yang diselenggarakan Dinas PMD Kabupaten Gowa, di Baruga Tinggimae rujab Bupati Gowa, Senin (26/3/2018).

Dia pun menegaskan agar kepala desa di Gowa tidak ada yang tersangkut masalah hukum akibat penyelahgunaan ADD.

Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga hadir sebagai pemateri menjelaskan jika pemerintah pusat merencanakan akan menambah dana desa menjadi Rp 120 T untuk semua desa di Indonesia.

“Sebelumnya dana desa kita seluruh Indonesia itu Rp 60 Triliun dan rencana ditambah jadi Rp 120 Triliun. Semoga rencana itu terwujud,” katanya.

Amir yang dapil Sulsel ini juga mengakui sistem pengelolaan anggaran desa di Gowa perlu mendapat jempol.

“Hampir 75 ribu desa di Indonesia mengelola ADD dan Gowa masih jadi percontohan untuk Siskeudesnya. Saya secara pribadi bahkan ingin Gowa tetap yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPKP Pusat, Maliki Heru Santosa mengatakan secara keseluruhan dari Siskeudes sasarannya adalah meningkatkan kualitas dan akuntabilitas pertanggungjawaban.

“Untuk pengelolaan dana desa untuk Sulsel maka Kabupaten Gowa yang terbaik. Kita akan terus update, monitoring dan terus membina dan membimbing agar para kepala desa bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan dana desa,” tambah Maliki.

Selain dari BPKP pusat, turut hadir Kanit IV Subdit 3 Tipikor Polda, Kompol Hamka Malluru serta Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, Kombes Pol Yudhiawan selaku narasumber bersama tim BPK dan BPKP.

Sumber: Tribun Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *