Bupati Adnan Melantik Kembali 10 Kepala Sekolah Non Job

Di penghujung tahun 2017, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengukuhkan 64 pejabat lingkup Dinas Pendidikan Gowa, masing-masing pengawas, kepsek serta 4 pejabat eselon.

Pengukuhan yang berlangsung di Baruga Tinggimae kompleks rujab bupati ini, Kamis (28/12/2017).

Pelantikan dihadiri ratusan pegawai dari kalangan Disdik serta para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Yang menarik dari pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah jabatan itu adalah kalangan kepsek. Dimana dalam pengukuhan/pelantikan itu terdapat 10 orang mantan kepsek yang pernah dinonjobkan Adnan Purichta Ichsan diawal menjabat sebagai Bupati Gowa yakni 2016 lalu.

Para kepsek ini dihukum non job selama satu tahun oleh bupati Adnan disebabkan terlapor dan terbukti merekayasa nilai hasil ujian para muridnya. Kini ke 10 kepsek tersebut, kembali dilantik dan menduduki jabatan sebagai kepala sekolah.

Terkait 10 mantan kepsek yang kembali dilantik itu dibenarkan Kadis Pendidikan Gowa, Dr Salam. Saat dikonfirmasi terkait itu, Dr Salam membenarkannya.

“Iya memang benar. Diantara 64 pejabat lingkup Disdik yang dikukuhkan dan dilantik tadi sore, 10 orang diantaranya adalah mantan kepsek bermasalah tersebut. Karena  kebijakan Pak Bupati mereka dihukum selama satu tahun dan sekarang mereka lalu diangkat kembali sebagai kepsek,” jelas Dr Salam.

Ditanya soal adakah fakta integritas yang ditandatangani para kepsek sabagai janji dan komitmen akan menjalankan tugas-tugasnya dengan penuh tanggung jawab, menurut Dr Salam, tidak ada.

“Tidak ada ji semacam fakta integritas, karena kalau ada pelanggaran mendasar yang mereka lakukan, risiko beratnya sangat berat. Dan semoga kesalahan mereka di tahun lalu itu menjadi pembelajaran bagi mereka semua,” kata Dr Salam.

Kadis Pendidikan Gowa juga mengatakan dengan  pengukuhan para kepsek diluar pengawas dan pejabat lingkup Disdik, maka tidak aa lagi kepsek dengan status pelaksana tugas (Plt) sebab semua sudah didefinitifkan.

Sementara itu terkait pengukuhan dan pelantikan 64 jajaran Disdik Gowa, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam arahannya menegaskan Kabupaten Gowa yang dikenal dengan inovasi pendidikannya,  maka haruslah para gurunya yang menjadi contoh, apalagi Kabupaten Gowa menjadi percontohan inovasi pendidikan dari semua kabupaten/kota yang ada di Sulsel.

“Kiranya para kepsek dan pengawas mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya karena kita memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mampu menjabarkan seluruh program yang telah berjalan. Tidak boleh ada yang belok kiri, tidak boleh lagi ada pungutan-pungutan, dan tidak boleh lagi ada yang berani mengubah-ubah nilai, kita mau membangun karakter anak kita yang lebih baik yang tentunya akan menjadi  orang-orang yang mampu kita andalkan di masa yang akan datang,” tandas Adnan.

Bahkan Adnan juga mewanti-wanti pejabat yang dilantik khususnya para kepsek agar tidak ada yang bermain-main dengan program pendidikan di Gowa.

“Saya tidak segan-segan, hari ini saya lantik, besokpun saya akan copot jika ada yang melakukan pelanggaran. Karena pendidikan telah menjadi primadona di  Gowa,” kata Adnan. 

Sumber: Berita Kota