Cegah Demam Berdarah, 30 Murid SD di Gowa Dilantik Jadi Juru Pemantau Jentik

Sebanyak 30 murid Sekolah Dasar (SD) di Gowa dilantik sebagai kader Jumantik atau Juru pemantau jentik di SDI Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Minggu (17/12). 
Sebanyak 30 murid Sekolah Dasar (SD) di Gowa dilantik sebagai kader Jumantik atau Juru pemantau jentik. Mereka dilantik oleh Ketua TP PKK Gowa diwakili Wakil Ketua TP PKK Gowa, Mussadiyah Rauf di SDI Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Minggu (17/12).
Hadir Kadis Kesehatan Gowa, dr Hasanuddin dan Camat Pattallassang, A Azis Peter, pimpinan dan jajaran Puskesmas Pattallassang dan jajaran PKK kecamatan setempat.

Kader Jumantik ini menurut dr Hasanuddin, akan bertugas memantau jentik di penampungan-penampungan air di sekeliling rumah tempat tinggalnya serta sekitar sekolahnya.

“Tugas mereka mengambil dan membawa jentik nyamuk kemudian dibawa ke sekolah dan selanjutnya petugas UKS dari Puskesmas akan datang membasmi jentik tersebut,” katanya.

Aksi ini merupakan upaya dini dalam memerangi atau mencegah wabah DBD yang bisa menyerang anak-anak di sekolahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Gowa, Mussadiyah Rauf disela melaunching kader jentik ini mengatakan, terbentuknya kader ini tidak terlepas dari peran aktif dan kepedulian PKK dalam meningkatkan upaya kesehatan masyarakat.

“Dan itu harus dimulai dari lingkungan yang spesifik seperti sekolah dan lingkungan aktivitas anak-anak,” ujarnya.

Dia pun berharap pembentukan kader-kader Jumantik ini bisa diterapkan di semua sekolah di Gowa untuk mencegah terjadinya wabah DBD.

Sumber: Tribun Timur

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.