UPT Pendapatan Wilayah Gowa menggelar sosialisasi Pajak Daerah di Gedung De Bollo Sungguminasa, Jl. Tumanurung, Gowa, Senin (19/2).

Sosialisasi dihadiri tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kepala desa, masyarakat setempat dan jajaran pegawai negeri sipil (PNS) Pemda Gowa.

Kepala Bapenda Sulsel yang diwakili Sekretaris Bapenda, Kemal Redindo Syahrul Putra mengatakan jika Pemkab Gowa menerima dana bagi hasil (DBH) dari Bapenda Sulsel sebesar Rp 87,7 Miliar untuk Tahun 2017 lalu.

“DBH tersebut berasal dari lima pajak yakni pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak air permukaan (PAP), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB), dan pajak rokok,” ujarnya dihadapan anggota Komisi C DPRD Rahmansyah, Perwakilan Jasa Raharja Andi Parman dan Pamin II STNK Gowa Ipda Derie Fradesca.

Olehnya Kemal mengimbau kepada masyarakat Gowa agar taat membayar pajak sebab, hasilnya itu tentu akan kembali kepada masyarakat Gowa dalam bentuk pembangunan.

Abang Dindo sapaannya juga menerangkan unggulan layanan pajak yang dipandu oleh Kepala UPT Pendapatan Wilayah Gowa Masbit Taufiek.

Layanan terbaru yang dibuat Bapenda Sulsel adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) nontunai melalui ATM dan kartu debit menggunakan EDC.

Selain pembayaran nontunai, terobosan lain Bapenda Sulsel adalah samsat keliling, samsat delivery, pelayanan e-samsat di Bank Sulselbar, info pajak via sms dan twitter, penagihan door to door, dan masih banyak lagi.

Ia menambahkan, Bapenda Sulsel juga memberikan insentif bea balik nama kendaraan baru (BBNKB) sebesar 20 persen untuk pembelian kendaraan baru.

Dengan pemberian subsidi ini, BBNKB di Sulsel menjadi 10 persen yang sebelumnya sebesar 12,5 persen.

“Dengan BBNKB sebesar 10 persen, artinya harga kendaraan di Jakarta sudah sama dengan kendaraan di Makassar, jadi tidak perlu lagi membeli kendaraan baru di Jakarta, cukup membeli kendaraan di Sulsel,” jelasnya.

Untuk pemilik kendaraan roda empat yang lebih dari satu, Bapenda menurunkan pajak progresif yang berlaku efektif mulai 1 Januari 2018.

Sumber: Tribun Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.