Gowa Adopsi 20 Jenis Aplikasi dari Bandung

Dalam waktu tidak lama setelah tujuh orang staf Pemkab Gowa yang diutusmagangkan di Pemkot Bandung terkait cara pengelolaan dan pengoperasian sistem IT aplikasi Smart City selesai dibekali, maka Pemkab Gowa akan memulai menerapkan pola kota pintar melalui sistem IT tersebut.

Selama tiga hari sejak berangkat tanggal 6, 7, 8 Februari di Command Centre Pemkot Bandung yang berlokasi di Jl Wastu Kencana, Bandung, para staf yang didampingi empat pimpinan SKPD masing-masing Kadis Kominfo Statistik Persandian Gowa, Arifuddin Saeni, Inspektur Inspektorat Gowa, Kamaluddin Serang, Kepala Badan Pendapatan Daerah Gowa, Karim Dania, dan Kabag Humas Kerjasama Gowa, Abdullah Sirajuddin, mengadopsi aplikasi sekaligus cara mengoperasikan.

Ada 20 jenis aplikasi yang diadopsi Pemkab Gowa. Hal itu dikatakan, Kadis Kominfo Statistik Persandian Gowa, Arifuddin Saeni, Kamis (9/2).

Menurut Arifuddin Saeni, awalnya hanya tiga jenis aplikasi yang akan diambil untuk diterapkan di Gowa, namun begitu utusan magang Gowa ini mendapatkan pelatihan singkat di Command Centre yang dikelola Dinas Kominfo Bandung, maka berhasil mengadopsi sekitar 20 aplikasi.

“Iya kami mengambil sebanyak 20 aplikasi. Aplikasi paling penting yang kami copy adalah Elektronik Remunerasi Kinerja (ERK), e-Budgeting, e-Gratifikasi, Surat Online dan Elektronik Nota Dinas (END). Semula kita hanya mau ambil tiga jenis yakni aplikasi yang bisa memantau kinerja ASN, aplikasi hibah bansos dan aplikasi perizinan,” jelas Arifuddin Saeni.

Kadis Kominfo Kota Bandung, Ahyana Raksanagara menjelaskan sebelumnya bahwa
aplikasi ERK ini diterapkan sejak 2016 di Bandung dan baru pertama kali di Indonesia. Dan kata Ahyana, Pemkab Gowa termasuk dalam 58 Pemerintak kabupaten di Indonesia yang mulai bekerjasama di tahun 2017 lalu.

Untuk ERK ini kata Ahyana, sudah 300 item aplikasi yang dimiliki dan dikelola, namun dari jumlah itu, baru sekitar 30 item aplikasi yang bisa diunduh.

Sumber: Berita Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *