Gowa Berkebun: Menanam di Pekarangan Solusi Pangan Warga Kota

Kegiatan komunitas Gowa Berkebun. Penggiat sedang menyemai benih di polybag.

Berkebun biasanya identik dengan kegiatan yang dilakukan di wilayah pedesaan. Tapi kali ini para penggiat dari komunitas Gowa Berkebun menanam di halaman pekarangan rumah warga. Gerakan yang merupakan jejaring dari Indonesia Berkebun ini memang aktif mengkampanyekan gerakan urban farming, yaitu pemanfaatan lahan terbatas di dalam kota menjadi kebun yang produktif dan berkelanjutan. Semboyan mereka adalah “Berkebun di dalam kota bisa tonji !”.

Wahyu Mas’ud, Ketua sekaligus inisiator Gowa Berkebun menyampaikan bahwa mereka rutin mengadakan kegiatan berkebun di kebun komunitas di tepi tanggul sungai Jeneberang. Tapi sekarang ini mereka fokus menata lahan di pekarangan rumah. Hal ini dalam rangka mengikuti lomba tanam serentak yang dilaksanakan oleh pengurus Indonesia Berkebun dan diikuti sekitar 17 kota jejaring di seluruh Indonesia. Lomba ini berlangsung dari tanggal 25 Februari 2018 sampai 15 Mei 2018.

Komunitas Gowa Berkebun terbuka untuk umum dari bermacam-macam latar belakang profesi. Ada dokter, ibu rumah tangga, pegawai swasta, Pegawai negeri sipil, arsitek, praktisi IT, perawat, apoteker, dan mahasiswa. Komunitas ini menjadi tempat belajar dan berbagi ilmu tentang budidaya tanaman. Siapapun bisa bergabung menjadi penggiat (begitu sebutan untuk member komunitas). Menurut drg. Uci, cara bergabungnya cukup mudah dan tidak ada persyaratan yang memberatkan. Cukup mengikuti akun sosial media dan rajin mengikuti setiap kegiatan Gowa Berkebun. Mereka sudah resmi sebagai penggiat.

Para penggiat Gowa Berkebun. (Foto: @gowaberkebun)

Harapan dari komunitas ini, semoga kegiatan mereka bisa menyebar dan menginspirasi masyarakat kabupaten Gowa. Bila setiap rumah melakukannya maka ruang terbuka hijau privat akan terpenuhi persentasenya dan tercipta pula kemandirian pangan untuk skala rumah tangga.

Bagi warga Gowa yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai komunitas Gowa Berkebun bisa follow akun mereka (@gowaberkebun) di Instagram, twitter dan facebook page.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *