Hipma Gowa Dorong Peran Perempuan Membangun Kabupaten


Himpunan Pelajar Mahasiswa (Hipma) Gowa Koordinatorat Somba Opu diskusi keperempuanan. Bertajuk “Bincang Ngopi, Perempuan Inspiratif”, ini digelar di Kantor Camat Somba Opu Sungguminasa, Minggu (24/12/2017).

Ketua Hipma Gowa Koordinatorat Somba Opu, Makmur Jaya, mengatakan bincang ngopi ini merupakan satu momentum dalam mendorong peran aktif perempuan terkhusus di kabupaten Gowa dalam berbagai sektor dan perspektif. 

Harapannya, dengan diotonomkannya Dinas Pemberdayaan Perempuan maka ke depan Gowa menjadi salah satu daerah pionir dalam mendorong keterlibatan perempuan. Tidak sebatas wacana kesetaraan gender dan sebatas peraruran yang tertuang dalam UU pemilu tetapi bagaimana meningkatkan respon publik dalam tingkat partisipasi kaum perempuan.

Tidak hanya pada sudut konstruksi sosial sebagai pengendali domestik keluarga tetapi menjadi pilar utama utk membangun daerah,  berkontribusi dlm ranah legislatif, eksekutif dan yudikatif dan terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan agen pembangunan, kata pemuda yang akrab disapa Makmur ini.
Makmur menambahkan,  terkait dengan itu, Hipma Gowa Somba Opu akan memberikan atensi dengan mengawal dinas Pemberdayaan Perempuan (PP). Sekaligus mendampingi dinas PP gowa dalam melahirkan program yang berafiliasi kepada peningkatan peran serta kontribusi kaun perempuan melalui program yg dihadirkan secara berkesinambungan, katanya.

Bincang ngopi ini menghdirkan pembicara, yaitu Kepala Dinas  Pemberdayaan  Perempuan Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham, Kordinator Kota Tampa Kumuh (Kotaku), Nurliah Ruma, Aktivis Perempuan, Arini Pratami Asri, Lurah Perempuan, Karmila, dan Forum Pemerhati Perempuan, Putri Karmila.

“Kegiatan ini pun  berlangsung  meriah, sekira  seratus peserta dari  unsur Koordinator, Komisariat dan DPP Hipma Gowa. Termasuk hadir beberapa perwakilan OKP dan warga Somba Opu,” tambah Makmur yang juga bertindak menjadi moderator dalam diskusi ini. 
Sumber: Fajar Online

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.