Jelang Ramadan, Kebutuhan Bahan Pokok Aman Terkendali

Menjelang Ramadan, harga kebutuhan pokok cenderung mengalami kenaikan. Bahkan hampir di semua daerah di Indonesia. Tetapi, di Gowa hal tersebut tak sepenuhnya berlaku.

Ini mencuat kala Pemda Gowa melakukan rapat koordinasi High Level Meeting bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Gowa di Baruga Karaeng Pattingngalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (14/5/2018).

Mengangkat tajuk mengantisipasi terjadinya inflasi yang tinggi pada rapat tersebut, dinas terkait dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Melalui Kadisnya, Andi Sura Suaib, diketahui hingga minggu pertama Mei, harga bahan pokok masih terkendali. Bahkan ada beberapa bahan pokok mengalami penurunan harga. Cenderung aman terkendali hampir di semua kebutuhan pokok.

“Minggu pertama Mei masih stabil, bahkan seperti tomat, bawang, wortel, kol, dan cabai merah besar mengalami penurunan harga, hanya kacang tanah yang mengalami kenaikan,” bebernya, saat ditanya oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL terkait perkembangan harga saat ini dipasaran.

Dihadiri Deputi Direktur BI Sulawesi, Maluku, dan Papua, Musdi Hardi, percaya Pemda Gowa bakal bisa mengendalikan harga yang terjadi dipasaran khususnya kebutuhan pokok.

“Kita tentunya berharap, kebutuhan pokok dipasaran tidak di Kabupaten Gowa tidak melonjak. Jika terjadi ini maka ini akan mempengaruhi pasar di Makassar. Sebab, Gowa adalah penyandang pangan di kota Makassar,” ucapnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, menegaskan pihaknya bakal menjaga harga bahan pokok dipasaran. Jika perlu pihaknya akan melakukan sidak setiap Minggu.

“Jelang ramdhan ini pasti semua orang membutuhkan kebutuhan. Tetapi sebenarnya jika kenaikan masih 10 persen maka itu tidak ada masalah. Nah, baru jika sudah diatas 10 persen maka kita sudah harus melalukan pengendalian,” jelasnya.

Sumber: Fajar Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *