Longsor di Poros Bilanrengi-Sicini, Warga dan TNI Gotong Royong Buka Akses Jalan

Pasca longsoran yang terjadi di Bangkeng Tabbing, Dusun Gallang, Desa Bilanrengi, Kecamatan Parigi, Kabupaten.Gowa, beberapa hari lalu yang sempat menutupi badan jalan desa membuat masyarakat sekitar melakukan aksi gotong royong menyingkirkan material longsoran.

Aksi gotong royong yang digelar Senin (5/2) ini dibackup personil Koramil 04 Tinggimoncong. Anggota TNI dan warga sipil ini bahu membahu membuat jalan alternatif agar alur lalulintas yang menghubungkan Desa Bilanrengi dengan Desa Sicini bisa terbuka kembali.

Bermula dari pukul 08.00 Wita, Senin ini, para warga dan anggota Koramil 04 ini bekerja keras membersihkan Tumpukan longsoran berupa tanah dan batu-batu besar yang menimbuni badan jalan.

Danramil 1409-04 Tinggimoncong, Kapten Inf Rahman mengatakan, longsor yang terjadi beberapa hari lalu akibat terpaan hujan deras, meski tidak farah namun membuat masyarakat dua desa kesulitan akses jalan.

“Gotong royong ini dilakukan secara manual sambil menunggu datangnya alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gowa. Kami bersama-sama warga disini berupaya keras menyingkirkan material longsoran untuk membuat jalan alternatif agar bisa dilalui sementara oleh warga setempat,” jelas danramil.

Sebelumnya pada Minggu (4/2) sekira pukul 15.24 Wita pasca hujan mendera, tiba-tiba sisi kiri jalan desa diguyur material longsor. Untung saat kejadian kondisi jalan desa sedang lengang dari lalulintas kendaraan.

Karena tertimbun matrial tanah longsor dan jalanan tersebut tidak bisa di lewati oleh roda dua maupun roda empat. Tinggi material tanah longsoran yang menimbuni jalanan kurang lebih 4 meter dengan panjang timbunan longsoran kurang lebih 10 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Terkait longsoran tersebut, Camat Parigi, Hartati langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas PU Gowa untuk segera mengirimkan alat berat guna membersihkan jalanan dari material longsoran.

Sumber: Berita Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *