Patut Dicontoh, PKK Tompobulu Punya Program Pundi Amal, Cari Warga Sakit

Diantara 18 tim penggerak PKK tingkat kecamatan, PKK Tompobulu mendapat pujian dari Ketua TP PKK Gowa Priska Paramita Adnan.

Itu karena PKK yang berada di dataran tinggi Gowa ini punya program yang patut dicontoh. Anggotanya menyusuri pelosok-pelosok desa dan mendata warga yang sakit atau tidak mampu kemudian diberi bantuan yang dananya dari PKK itu sendiri.

“Nama programnya Pundi Amal PKK. Program ini tugas kelompok kerja (Pokja) 4. Tugas pokja IV ini bekerja sama dengan puskesmas setempat kemudian melakukan anjangsana ke rumah-rumah warga dan mendata siapa yang sakit,” ujar Ketua TP PKK Tompobulu, Rahmiah Syamhari, di sela kegiatan Evaluasi 10 Program Pokok PKK di Desa Bonto Buddung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (18/3/2018).

Untuk Pokja 1, kata Rahmiah, ibu-ibu PKK rutin mengadakan pengajian tiap bulannya melalui majelis taklim dan pembinaan kadarkum atau keluarga sadar hukum.

Pokja II bekerja sama dengan Dinas Pendidikan mengusahakan di setiap sekolah memiliki taman baca dan sudut baca sebagai wujud dari program pemerintah yaitu Kabupaten Pendidikan.

Di Pokja III, PKK melakukan pemanfaatan lahan pekarangan dengan warung hidup dan tanaman obat keluarga (TOGa).

Atas dasar itulah PKK Tompobulu ditetapkan sebagai PKK terbaik dalam penerapan 10 Program Pokok PKK oleh Priska.

“Saya salut dengan penerapan program di PKK Tompobulu. Semua berjalan dengan baik. Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Tompobulu hampir 100 % berjalan di desa maupun kelurahan,” tuturnya.

Tidak ketinggalan dalam kegiatan evaluasi ini penampilan fesyen show hasil daur ulang juga ada pameran hasil kreativitas masyarakat dari desa dan kelurahan di Tompobulu.

Priska Adnan juga menyempatkan untuk meresmikan Taman Baca dan Monitoring Room Punggawa D’emba di SD I Bontobuddung. Juga Tribun Lapangan masyarakat dan Wisata Kebun BINCANG di Desa Bonto Buddung.

Sumber: Tribun Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *