Pemkab Gowa Akan Terapkan Asuransi Ternak Sapi

Suasana temu fasilitasi akses kredit peternakan yang digelar OJK kerjasama Dinas Perkebunan Peternakan Gowa.

Keberadaan sapi di tengah-tengah kehidupan masyarakat telah memberi dampak ekonomi yang sangat besar. Dari jumlah 49.000 ekor sapi betina produktif yang tersebar di beberapa kecamatan di Gowa, merupakan pabrik-pabrik yang tidak hanya siap melahirkan anak-anak, tapi perlu dilindungi atau diproteksi dari pemotongan, kematian, kecelakaan, dan pencurian.

“Inilah yang sedang diupayakan pemerintah kabupaten melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan dengan menggalakkan kegiatan Asuransi Ternak Sapi (AUTS) tahap permulaan. Meski capaiannya baru sekitar 1.200 ekor sapi tapi jika dibandingkan potensi betina produktif yang ada, peran serta peternak dalam kegiatan AUTS ini memang baru mencapai 2,5 persen,” jelas Muchlis.

Karena itu Muchlis berharap agar segenap tim, terutama para penyuluh, petugas peternakan kecamatan, inseminator dan khususnya masyarakat peternak agar senantiasa menjalin komunikasi sebagai sebuah tim yang solid, memberikan pelayanan yang terbaik sebagai abdi negara, dan abdi masyarakat agar capaian peserta asuransi usaha ternak sapi tahun 2018 menjadi yang terdepan dan terbanyak di tingkat Provinsi Sulsel.

Harapan yang disampaikan sekda ini disampaikan saat membuka Temu Fasilitasi Akses Kredit Peternakan yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua bekerjasama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Gowa bagi para peternak se-Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Pattingalloang, kantor Bupati Gowa, Selasa (12/12) siang.

Didampingi Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Gowa, Suhriati, sekda juga memberikan apresiasinya kepada OJK yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Kabupaten Gowa. Apalagi saat ini tambah sekda, Kementrian Pertanian RI yang mencanangkan program nasional yang bernama Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) dalam rangka menunjang program swasembada daging nasional tengah digalakkan. (sar)

The post Pemkab Gowa Akan Terapkan Asuransi Ternak Sapi appeared first on Berita Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *