Pemkab Gowa Cetak 400 Ribu Lembar SPPT 2018

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni melakukan pencetakan perdana SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Tertunggak) untuk wajib pajak di Gowa, Senin (19/2).

Pencetakan perdana ini dilakukan di ruang operasional pencetakan SPPT pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gowa disaksikan Kepala Bapenda, Ismail dan para camat dari 18 kecamatan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gowa, Ismail mengatakan, untuk SPPT tahun 2018 ini dicetak sebanyak 400 ribu lebih lembar.

“SPPT ini akan dicetak nonstop selama dua bulan dengan hitungan per hari tercetak 400 lembar SPPT wajib pajak,” ujarnya.

Ini dilakukan mengingat jadwal retribusi SPPT ke wajib pajak baru akan dimulai Apr 2018 mendatang.

Sementara itu Bupati Gowa Adnan mengatakan selain melakukan pencetakan, dia bersama Wabup Gowa Karaeng Kio juga mengecek kesiapan Bapenda dalam penyiapan SPPT untuk wajib pajak.

Khususnya pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-PP) serta BPHTB (Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan).

Ditanya soal target PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor PBB, Adnan mengatakan mencapai Rp 189 miliar.

“Saya punya keinginan menaikkan target lebih dari sekarang. Dengan memberikan surat edaran kepada seluruh pengusaha yang ada di Gowa termasuk pengusaha tambang di Kecamatan Parangloe dan pengusaha properti di Gowa karena rata-rata NPWPnya tidak di Gowa tapi Makassar,” jelasnya.

Olehnya surat edaran itu meminta para pengusaha agar wajib membuat NPWPnya di Gowa.

“Kalau cara ini berjalan maka saya yakin bisa menaikkan PAD minimal Rp 100 miliar lagi,” tambahnya.

Dia pun mencontohkan Kampus Teknik Unhas Gowa yang terletak di Bontomarannu dan sejumlah lembaga besar lainnya agar pengelola masing-masing mengubah NPWP mereka dari semula berNPWP Makassar menjadi NPWP Gowa.

Sumber: Tribun Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *