Hingga 2018 sudah ada 28 universitas yang digandeng Pemkab Gowa untuk merealisasikan program Pendidikan Investasi 1/4 Abad. Program ini ditujukan bagi siswa siswi terbaik Gowa untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjelaskan puluhan universitas ini digandeng agar nantinya menjadi pilihan dari siswa siswi dari Gowa.

“Silahkan ikuti seleksinya, jika lulus Pemkab Gowa yang akan membiayai. Mulai dari biaya perkuliahan, pondokan, transportasi sampai biaya makan. Anak tersebut hanya bawa diri saja,” ujarnya, Selasa (30/1).

Program investasi 1/4 abad merupakan salah satu program unggulan Kabupaten Gowa di bidang pendidikan yang mulai dilaksanakan pada 2014 silam sejak Ichsan Yasin Limpo menjabat sebagai Bupati Gowa.

Beberapa universitas yang sudah digandeng antara lain Universitas Indonesia (UI), ITN Malang, Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), UPI. “Terakhir yang menandatangi MoU dengan Pemkab gowa adalah Universitas Udayana Bali,” katanya lagi. Dari daftar, puluhan putra daerah Gowa yang tersebar di univeristas luar seperti ITN Malang sebanyak 35 orang, UGM Yogyakarta sebanyak lima orang meliputi dua sarjana kesehatan masyarakat, dua dokter, dan satu dokter ahli, serta UI Jakarta satu orang di Fakultas Hukum.

Adnan pun mengingatkan jika kemajuan suatu daerah jangan diukur dari gedung-gedung tinggi saja. “Jangan sampai masih ada anak-anak yang tidak sekolah karena faktor biaya. Untuk itu pelayanan kesehatan dan pendidikan harus menjadi prioritas utama. Karena sumber daya manusia yang menentukan kemajuan daerah,” katanya.

Kabag Humas dan Kerjasama Pemkab Gowa Abdullah Sirajuddin mengatakan, program ini tidak mewajibkan harus bekerja di Gowa “Boleh di daerah mana saja, sepanjang dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tapi Orang tua dan mahasiswa yang dibiayai harus menandatangani pernyataan mengganti biaya tiga kali lipat ke Pemkab Gowa jika putus kuliah bukan karena kematian atau cacat tetap,” jelasnya.

Sumber: Tribun Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.