Pemkab Gowa Masih Kekurangan 1.382 Guru PNS

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Gowa, DR. Salam. (Foto: Tribun Timur)

Jumlah tenaga pengajar atau guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tingkat Sekolah Dasar (SD) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gowa masih kurang. Hal ini diakui Kepala Dinas Pendidikan Gowa, dr Salam, Senin (5/2). Dosen UNM ini menjelaskan secara kuantitatif saat ini Gowa masih kekurangan tenaga pengajar alias guru. Jika dirincikan, guru SD dengan jumlah sekolah 412 dikalikan dengan enam guru kelas hasilnya sebanyak 2.472 orang.

“Sementara untuk guru SMP, dari 107 SMP yang ada di kali tiga tingkatan dan di kali 10 jumlahnya 3.210 orang,” ujarnya.

Jika jumlah guru SD dan SMP ini ditambahkan maka jumlahnya mencapai 5.682 orang. Dari jumlah tersebut yang berstatus sebagai PNS hanya kurang lebih 4.300 orang.

“Ini yang masih aktif, satu, dua atau tiga tahun mendatang banyak yang mau pensiun. Sementara penerimaan tidak ada. Jadi jika melihat rasio kebutuhan guru yang saya paparkan tadi kita masih kekurangan 1382 orang guru, PNS, ” ujarnya.

Ia juga mengatakan, pendistribusian guru di Gowa akan disebar secara merata di semua kecamatan untuk menutupi kesenjangan guru yang ada di tiap kecamatan.

Sumber: Tribun Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *