Pemkab Gowa Siapkan Rp11 M Untuk Revitalisasi Lapangan Syekh Yusuf Discovery


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menganggarkan Rp 11 miliar untuk revitalisasi lapangan Syekh Yusuf Discovery Gowa. Rencananya, revitalisasi ini akan dilakukan pada 2018 mendatang. Terkait rencana itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pun telah mengekspose master plan lapangan Syekh Yusuf saat melakukan orasi Hari Jadi Gowa ke 697 pada 15 November lalu.

“Anggarannya sudah kita masukkan dalam APBD 2018 sebesar Rp 11 miliar. Lapangan Syekh Yusuf akan dibangun secara bertahap,” kata Adnan beberapa waktu lalu.

Menurut dia, revitalisasi lapangan yang terletak di jantung kota Sungguminasa itu, akan menelan total anggaran sebesar Rp 17,5 miliar.

Menurut Adnan, lapangan Syekh Yusuf Discovery ini dalam revitalisasinya akan dilengkapi alun-alun, kawasan upacara, kawasan olahraga dan taman bermain anak-anak. Selain itu, tugu Patonro yang ada saat ini juga akan direnovasi menjadi tiga lantai.

” Nantinya alun-alun dan tempat upacara akan berdampingan dengan masjid. Semua sisi dalam kawasan lapangan akan ditata sedemikian rupa. Yang jelas ini akan ditata lebih bagus dari alun-alun Kota Bandung,” sebut bupati.

Terkait rencana itu Kadis PU Gowa, Mundoap menjelaskan, konsep alun-alun lapangan Syekh Yusuf sudah ada dan renovasi akan dimulai awal 2018 nanti.

“Konsep dan desainnya sudah ada dan penganggarannya nanti melalui APBD yang dilakukan bertahap,” kata Mundoap.

Anggaran yang disiapkan ini kata Mundoap juga mendapatkan back up dari Gubernur Sulsel, Syahrul YL yabg menggelontorkan Rp 4 miliar untuk renovasi masjid Agung Syekh Yusuf dan lapangan Syekh Yusuf Discovery. Bantuan anggaran itu dikucurkan Syahrul saat menghadiri peringatan Hari Jadi Gowa ke 697 lalu yang diwarnai rampak 1.000 gendang irama tunrung pakanjara.

” Lapangan Syekh Yusuf ini diharapkan menjadi ikon daerah Gowa dan akan menjadi publik space yang menyenangkan bagi masyarakat dari semua kalangan,” jelas Mundoap.

Sumber: Berita Kota