Ratusan Massa Serang Personel Polres Gowa

Ratusan massa demonstran merangsek petugas Kepolisian Polres Gowa di Lapangan Syech Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa, Rabu (7/2/2018).
Namun, dengan sigap petugas menghalau massa yang tampak brutal dan anarkis dengan menggunakan water canon dan gas air mata yang membuat para demonstran lari tunggang langgang.
Aksi massa yang anarkis itu hanyalah bagian dari simulasi yang digelar Polres Gowa. Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, mengatakan, simulasi ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018 walaupun pelaksanaannya masih beberapa bulan lagi.
“Jadi kegiatan tadi juga merupakan kesiapan personil Polres gowa untuk mengetahui SOP penanganan aksi unjuk rasa saat situasi damai, under Control hingga anarkis. Dan kita liat bersama pelatihan yang melibatkan ratusan orang ini bisa berjalan dengan baik,” tambahnya.
Anggota yang dilibatkan antara lain personil Polsek, Brimob, Sabhara, Tni,Satpol pp dan instansi terkait lainnnya.Tampak situasi saat ini seperti bukan simulasi, karena anggota begitu serius dalam memerankan drama simulasi ini.
Beberapa perlengkapan yang digunakan pun sungguh seperti pada saat demo yang biasa terjadi seperti penggunaan water canon, gas air mata untuk mengusir para demonstran.
Kapolres mengharapkan dengan simulasi ini personel belajar untuk tidak bersikap arogan saat penanganan aksi unras. Di samping itu, Propam Polres Gowa turut mengawasi personel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber: Fajar Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *