Tiga Kecamatan di Gowa Masuk dalam Zona Rawan Tindak Kejahatan

Tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Gowa masuk dalam zona rawan tindak kriminal sesuai catatan Polres Gowa.

Tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Gowa masuk dalam zona rawan tindak kriminal sesuai catatan Polres Gowa.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga mengatakan ketiga daerah tersebut masuk dalam zona rawan dilihat dari tingkat kejahatan.

“Wilayah Bajeng sepanjang Februari ada 24 laporan, sedangkan Palangga dan Bontomarannu 13 laporan,” katanya usai pelaksaan Anev di RM Sewi Sri Gowa, Senin (5/3/2018).

Sementara total laporan perkara selama Januari hingga Februari yang masuk di Polres Gowa sebanyak 287 laporan.

Rinciannya, pencurian dengan pemberataran sebanyak 21 perkara, pencurian dengan kekerasan 7 perkara dan curanmor 13 perkara, kemudian yang berhasil diungkap Tim Anti Bandit 11 perkara.

“Ada penurunan dari Januari ke Februari. yakni 21 perkara atau 15.7 persen. Januari sebanyak 154 dan Februari 133 laporan,” jelasnya.

Laporan perkara masuk selama Februari masih didominasi kejahatan jalanan yakni 41 perkara atau 30,8 persen dari seluruh laporan yang masuk.

Kemudian laporan yang diselesaikan penyidik selama Februari sebanyak 94 laporan, naik 45 perkara atau 47,8% dari Januari 49 laporan yang selesai.

“Dengan demikian tingkat penyelesaian dari hasil perbandingan total perkara dan perkara yang diselesaikan yakni 70,6 persen selama Februari atau meningkat 38,8 persen dari Januari 31,8 persen,” tambahnya.

Shinto pun mengimbau kepada warga untuk selalu memperhatikan faktor keamanan rumah, toko, kendaraan, hp dan tas bawaan ketika ditinggalkan atau berkendara.

Untuk kasus narkoba selama Februari tercatat ada 10 kasus, sama dengan jumlah ungkap Januari lalu.

Sama halnya jumlah lakalantas Februari sebanyak 24 kasus. Untuk jumlah pelanggaran lantas Februari sebanyan 389 kasus, turun 172 kasus atau 37 persen dari Januari 561 kasus.

Di akhir acara, Shinto pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada warga Gowa yang sudah menunjukkan partisipasi aktif mematuhi aturan berlalu lintas.

Sumber: Tribun Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *