Tujuh Mortir Ditemukan di Halaman Rumah Warga Bontomarannu


Tujuh benda berbentuk mortir ditemukan di halaman rumah milik seorang warga di Dusun Moncong Tanah, Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, Minggu (14/1) pukul 09.15 Wita.

Tujuh benda mirip mortir yang memiliki daya ledak tinggi jika aktif ini, ditemukan Dg So’na (40), seorang ibu rumah tangga saat membuang sampah di halaman belakang rumahnya. Kini, tujuh benda tersebut diamankan jajaran Kepolisian dari Satuan Gegana Brimob Polda Sulsel sebelum diserahkan ke satuan TNI.

Kapolsek Bontomarannu, AKP Robert Naro saat menjelaskan kronologi penemuan benda itu, saat Dg So’na ke belakang rumahnya membuang sampah, Sabtu (13/1) sekira pukul 17.00 Wita. Tanpa sengaja matanya tertuju pada sebuah benda yang dianggapnya berbentuk seperti bahan peledak.

Merasa kuatir dengan keberadaan benda tersebut, jelas kapolsek, keesokan harinya yakni Minggu, Dg So’na melaporkan penemuannya kepada Kepala Desa Niranuang, Arifin Bonga. Selanjutnya, kepala desa lalu menghubungi Bhabinkamtibmas Polsek Bontomarannu, Brigadir Assad dan Babinsa Desa Nirannuang, MS Made.

Pemerintah desa dan anggota Polsek Bontomarannu serta Babinsa lalu ke TKP dan mengecek keberadaan benda tersebut. Melihat sebuah benda mirip mortir itu, kepala desa dan petugas polisi serta sejumlah masyarakat yang menyaksikan merasa benda itu tidak hanya sebatang. karena itu warga yang ada menggali tanah dekat mortir yang terlihat. Dan setelah digali ternyata ditemukan enam buah sehingga totalnya sebanyak tujuh buah benda mirip mortir.

“Benda-benda itu sudah diamankan oleh Babinsa setempat. Untuk jenis benda yang diduga mortir tersebut, kita belum ketahui jelas berhubung kondisi benda tersebut sudah sangat tua. Perlu adanya penanganan khusus dari tim Gegana guna memastikan aktif tidaknya mortir tersebut,” jelas kapolsek.
Benda mirip mortir itu berdiameter k/l kaliber 20 Cm dan panjang 12 Cm. 

Sumber: Berita Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *