Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa mulai mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel), 24 Maret 2018. Pengumuman akan berlangsung hingga 2 April 2018 mendatang.

Selama masa pengumuman tersebut, masyarakat bisa memberikan tanggapan terhadap nama-nama dalam DPS tersebut. Tanggapan bisa berupa perbaikan elemen data yang salah atau tidak lengkap maupun memasukkan nama anggota keluarga yang belum sempat terdaftar dalam DPS serta mengoreksi nama yang dianggap sudah tidak memenuhi syarat.

Pengumuman DPS ditempel di kantor-kantor desa atau kelurahan se-Kabupaten Gowa. Penempelan DPS juga di tempat-tempat strategis yang memudahkan masyarakat untuk mencermatinya, seperti di masjid-masjid atau pusat keramaian lainnya.

Anggota KPU Gowa Divisi Perencanaan Program dan Data Muhtar Muis mengatakan, selama masa pengumuman dan tanggapan DPS ini, masyarakat, panwas, tim kampanye pasangan calon dan pihak-pihak lain juga dapat memberi masukan. “Tanggapan bisa diberikan ke PPS setempat, baik berupa masukan nama-nama yang belum terdaftar atau melaporkan pemilih yang ada dalam DPS tetapi sudah tidak memenuhi syarat (TMS), sehingga PPS dapat mencoret dari daftar pemilih,” ungkapnya, Sabtu (24/03/2018).

Kategori pemilih yang dapat dicoret namanya karena TMS, jelas Muhtar, bisa disebabkan karena meninggal dunia, ganda, pindah domisili, berubah status atau lainnya. Dan selama masa pengumuman nama-nama yang masuk kategori tersebut bisa dihilangkan.

KPU Gowa juga telah menyerahkan by name by address DPS sebagai bahan pencermatan kepada Panwas dan Tim Pasangan Calon. Mereka diharapkan dapat melakukan pencermatan terhadap DPS yang telah ditetapkan sehingga bisa dilakukan penyempurnaan sebelum ditetapkan nantinya menjadi DPT.

Selain mengecek nama-nama dalam DPS yang ditempel, masyarakat juga dapat langsung melakukan pengecekan melalui laman KPU di link : https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dps/1/SULAWESI%20SELATAN/GOWA. cukup memasukkan NIK, maka akan muncul informasinya jika sudah terdaftar dalam DPS. Jika belum terdaftar, segera melapor ke PPS setempat.

Sumber: KPU Gowa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.